Kamis, 30 Desember 2010

Mengenal Posisi Yang Ada Dalam Sepakbola

Sepakbola merupakan olahraga paling populer didunia. Semua orang pasti tahu permainan ini, tetapi sepakbola mempunyai banyak rahasia dalam permainannya. Dari strategi, formasi, dan posisi pemain. Dalam kesempatan ini saya akan mengenalkan kepada para pembaca tentang posisi pemain beserta tugasnya.

1. Goal Keeper (kiper/penjaga gawang)
Kiper atau penjaga gawang merupakan posisi paling krusial bagi sebuah tim. Dia bisa menjadi penyelamat ataupun pecundang bagi tim karena dia bertugas menjaga bola agar tidak masuk ke gawang atau goal. Untuk menjadi kiper diperlukan beberapa syarat, seperti postur tubuh minimal 170cm, kecepatan membaca permainan lawan, sigap, tenang, dan yang paling penting adalah keberanian terhadap bola. Nomor kostum yang biasa digunakan adalah nomor 1, 12, dan 99.

2. Center Back (bek tengah)
Bek tengah merupakan jantung pertahanan sebuah tim. Biasanya dalam sebuah tim yang memiliki pertahanan kuat akan sulit dikalahkan. Selain itu bek tengah juga menjadi panutan pemain bertahan lainnya dalam memainkan perangkap offside. Dia juga bertugas mengamankan gawang dari ancaman lawan. Seorang bek yang ideal harus memiliki tinggi badan minimal 175cm, body balance, sigap, pandai membaca gerakan lawan, dan agresif merebut bola. Nomor kostum yang biasa dipakai adalah 4, 5, 15, dan 13.

3. Libero
Libero adalah pemain bertahan (CB) yang sekaligus membantu serangan. Posisi Libero pertama kali dikenalkan oleh pemain legendaris asal Jerman, Frank Beckenbuer. Orang yang memainkan posisi ini harus mempunyai semangat juang dan stamina yang tinggi, kecepatan, dan jumping power dalam perebutan bola udara. Nomor punggung yang biasa digunakan 4, 5, dan 16.

4. Side Back/Full Back (bek sayap)
Bek sayap merupakan pemain bertahan yang bertugas menjaga didaerah luar kotak penalti. SB ini juga sering melakukan overlap panjang untuk mambantu serangan dari sayap. Untuk menjadi SB diperlukan stamina yang kuat, kecepatan lari, passing akurat, dan dribble. Nomor yang sering digunakan 2, 3, 6, dan 77.

5. Defensive Midfielder (gelandang bertahan)
DMF merupakan jangkar bagi pertahanan dan penyerang. Tugas DMF adalah memotong serangan lawan, menjadi penghubung antara pertahanan dan penyerang. Sebagai DMF harus mempunyai stamina yang kuat, pandai membaca permainan lawan, agresif merebut bola, body balance, dan long pass yang baik. Nomor yang biasa dipakai 8, 16, dan 18.

6. Center Midfielder (gelandang tengah)
CMF merupakan penyeimbang permainan. Sering dikatakan posisi ini merupakan jendral lapangan, dikatakan seperti itu karena memang posisi ini berfungsi sebagai pusat permainan dalam sepakbola. Selain sebagai pusat permainan, CMF juga bertugas mengumpan bola kepada penyerang. Untuk menjadi CMF dibutuhkan stamina yang kuat, body balance, short pass, shoot power, dan shoot accuration. Nomor yang biasa digunakan 8, 13, 18, 23, dan 32

7. Side Midfielder (pemain sayap)
Posisi ini bertugas membuka serangan dari sisi lapangan dan memberikan umpan kepada penyerang. Seorang pemain sayap sangat penting harus meiliki kecepatan, dribble, crossing, acceleration, dan pass accuration. Nomor yang biasa digunakan 7, 11, 13, 14, dan 21.

8. Play maker/Offensive Midfielder
Play maker ini bertugas menjadi inspirasi permainan tim dan mengacaukan pertahanan lawan serta membuka ruang bagi penyerang. Posisi ini sangat spesial mengingat tugasnya yang menjadi sumbu permainan. Seorang play maker harus mempunyai teknik yang tinggi, kecepatan dribble, body balance, stamina yang kuat, pass accuration, shoot accuration, dan team work yang kuat. Nomor yang paling sering digunakan 10.

9. Center Forward (penyerang tengah)
CF merupakan target man terakhir untuk mencetak gol ke gawang lawan. Posisi ini sangat krusial bagi permainan tim karena bisa menjadi penyemangat tim ataupun bumerang bagi tim dari sisi kejiwaan. Orang yang menginginkan posisi ini harus memiliki teknik, pandai mencari peluang, shoot accuration, shoot power, kecepatan, dribble, tinggi minimal 170cm, jumping power, pekerja keras, ketenangan, dan body balance. Nomor yang biasa digunakan 9.
10. Side Forward (penyerang sayap)
Bertugas menyerang dari luar kotak penalti. Pemain diposisi ini harus mempunyai teknik, kecepatan dribble, acceleration, shoot technique, stamina, shoot accurate, passing, free kick accurate, dan mental yang kuat. Nomor yang biasa digunakan 7, 11, 9, 21, dan 13.

11. Coach (pelatih)
Pemain ini merupakan otak dari permainan. Meskipun tidak turun secara langsung, tetapi dia lah orang yang memberikan keputusan strategi yang digunakan. Pengambilan keputusan ini tidaklah mudah karena akan berdampak kepada permainan tim. Jadi untuk menjadi seorang pelatih harusnya mempunyai mental yang kuat, kemampuan manajemen, ahli strategi dibidangnya, serta ketenangan dan kesabaran.

Secara garis besar posisi diatas merupakan posisi yang paling sering digunakan. Posisi ini nantinya akan berubah-ubah sesuai dengan formasi yang akan digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar